Pemasangan Saklar Lampu Double

Saklar double atau saklar ganda dalam bahasa inggris disebut dengan "double switch", sedangkan jika 3 saklar disebut "triple switch" dan 4 saklar disebut "multi switch", fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya adalah sebagai pengontrol lampu (mematikan dan menyalakan lampu). Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch.
Sebagai pendahuluan saya beritahukan bahwa sistem kerja sebuah saklar (switch) adalah sebagai alat pemutus dan penghubung arus listrik. jadi dapat pihami bahwa di dalam box switch (kotak saklar) tidak ada kebel netral, melainkan hanya kabel phese (arus listrik positif), nah maka kebel phase inilah yang di hubungkan/diputuskan oleh switch. agar mudah di pahami sebelum kita sampai ketahap cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch, saya telah menyiapkan sebuah gambar "bentuk dasar saklar" atau (traditional switch). Simak gambar berikut ini.



Keterangan:
  1. Kabel warna hitam yang di tandai dengan huruf "N" adalah penghantar arus listrik negatif (neutral)
  2. Kabel warna merah yang di tandai dengan huruf "L" adalah penghantar arus listrik positif (phase), L berarti line atau jalur arus listrik.
  3. Dari gambar di atas dapat di pahami bahwa saklar hanya berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik saja, sederhana bukan...!

0 Response to "Pemasangan Saklar Lampu Double"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel